LAPORAN LAZISNU, KLIK DISINI

KOMITMEN TRANSPARANSI

  • 30 Nopember 2012 : LP Ma'arif Berangkat Untuk Studi Banding Bidang Pendidikan, 2 hari Di Salatiga dan Jogyakarta. Petugas : Drs. H. Salmanuddin (Ketua LP Ma'arif) dan Muslimin Abdilla
  • 28 Nopember 2012 : Rapat Koordinasi PCNU Harian dan MWC NU se-Kab. Jombang, bertempat di AULA PCNU Jombang
  • 26 Nopember 2012 : Rapat Internal LP Ma'arif NU, bertempat di Kantor LP Ma'arif. Petugas : Drs. Salmanuddin (Ketua LP Ma'arif)dan Muslimin Abdilla (Sekretaris PCNU)
  • 25 Nopember 2012 : Menghadiri Konferensi MWC NU Kecamatan Gudo, bertempat di MTs Agus Salim Gudo. Petugas : DR. KH. Isrofil Amar, M.Ag dan Ahmad Samsul Rijal, S.Ag
  • 25 Nopember 2012 : Menghadiri Rapat Kerja MWC NU Mojowarno, bertempat di Kantor MWC. Petugas : Drs. Nur Hamid Saidi, MM dan Drs. H. Machwal Huda, M.Si
  • 25 Nopember 2012 : Rapat Internal Lembaga Perekonomian NU, bertempat di Kantor PCNU. Petugas : Muhlis Irawan (Ketua LPNU)
  • 17 Nopember 2012 : Rapat Koordinasi PCNU Lengkap, Lembaga/Lajnah,Dan Badan Otonom NU Kab. Jombang, bertempat di AULA PCNU Jombang
  • 8 Nopember 2012 : Menghadiri Serah Terima Jabatan Ketua Lakpesdam NU, bertempat di AULA Kantor Lakpesdam NU. Petugas : Ahmad Samsul Rijal (Wakil Sekretaris PCNU)
  • 4 Nopember 2012 : Menghadiri Pengajian Rutin Ahad Pahing MWC NU Jombang Kota, bertempat di Masjid 'Al Haqq'. Petugas : Drs. KH. Fadhlulloh Malik (Wakil Ketua PCNU)
  • 4 Nopember 2012 : Menghadiri Pengajian Rutin 'Ahad Pahing' MWC NU Wonosalam. Petugas : DR. KH. Isrofil Amar (Ketua PCNU)
  • 2 Nopember 2012 : Sosialisi dan Pemantapan Sertifikasi Wakaf Nadhir NU, Undangan MWC NU Mojoagung, bertempat di Musholla 'Baitul Mukminin' Karobelah Mojoagung. Petugas : Drs. H. Nizar Makruf (Ketua LWPNU) dan Ahmad Samsul Rijal
  • 30 Oktober 2012 : Menghadiri Musyawarah Kerja MWC NU Jombang Kota, bertempat di MTsN Tambakberas. Petugas : DR. KH. Isrofil Amar, M.Ag dan Muslimin Abdilla, S.Ag (Sekretaris PCNU)
  • 27 Oktober 2012 : Pelantikan dan Muskercab PCNU Jombang, bertempat di PP Mambaul Ma'arif Denanyar. Dihadiri oleh DR. KH. Said Aqil Siradj, M.Ag (Ketua PBNU)
WUJUDKAN KECINTAAN ANDA KEPADA NU DENGAN DONASI KE PCNU JOMBANG NO-REK Bank JATIM : 0112211551 a.a. PC NU Kabupaten Jombang
  • Donatur 1
  • Donatur 2
  • Donatur 3
  • Donatur 4

Rabu, 28 November 2012

Membentengi Dan Memajukan NU Dengan Lailatul Ijtima’


Pengurus Cabang dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama se-Kabupaten Jombang serius dalam membahas solusi masalah kemunduran paham keagamaan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) warga Nahdliyyin di Jombang. Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi PCNU dan Pengurus MWC NU se-Kabupaten Jombang yang dihadiri sekitar 60 Kyai di AULA Kantor PCNU, Rabu (28/11/2012).


Beberapa pengurus MWC NU menyampaikan fakta-fakta masalah itu di lingkungan sekitar mereka. Dihadapan Kyai dari jajaran Syuriyah dan Tanfidziyyah PCNU Jombang mereka curhat; generasi muda Nahdliyyin menjadi kelompok yang paling rentan terpengaruh oleh paham keagamaan diluar ASWAJA. ‘Perubahan sikap, tindakan dan perilaku mereka telah banyak bergeser dari norma dan tradisi mulia yang diteladankan oleh Salafus Sholeh serta Para Ulama terdahulu, bahkan yang diteladankan oleh orang tuanya sendiri’, ungkap Ketua Tanfidziyah MWC NU Jogoroto, H. M. Kayis.

Menanggapi fakta-fakta itu, Drs. KH. Junaidi Hidayat, Wakil Rois Syuriayah PCNU Jombang menyampaikan, Lailatul Ijtima’ merupakan tradisi para Kyai NU untuk menguatkan Jam’iyyah dan Jamaah NU serta menjadi media untuk bersama-sama merespon kondisi sosial di sekitar, baik Nasional maupun Daerah. ‘Kemunduran tidak hanya terlihat pada generasi muda Nahdliyyin, tapi para pengurus NU garda terdepan, para Ustadz, Pengurus Anak Ranting, Pengurus Ranting dan Pengurus Majelis Wakil Cabang pun perlu diperkuat paham ASWAJAnya agar mereka bisa menterjemahkan dan mengarahkan paham ASWAJA sesuai dengan konteks dan trend kehidupan saat ini’, kata Wakil Rois Syuriyah yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang itu.

‘Untuk itu, format Lailatul Ijtima’ yang menjadi agenda prioritas Syuriyah PCNU Jombang perlu dikemas efektif dan komunikatif agar Tim Syuriyah dan Pengurus NU di satu wilayah kawedanan bisa saling asah dan asuh dalam menterjemahkan paham ASWAJA dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. Kalau bisa seminggu sekali Lailatul Ijtima’ dilaksanakan’, tambahnya.

Dalam rapat koordinasi tadi malam, disepakati bahwa Lailatul Ijtima’ akan dilaksanakan rutin bergilir 2 kali sebulan yang melibatkan sekitar 600 Pengurus NU di satu wilayah kawedanan di Jombang. Penyelenggara Lailatul Ijtima’ adalah Syuriyah PCNU Jombang yang secara teknis dikelola oleh Tanfidziyah dan dilaksanakan oleh Pengurus MWC NU yang ditunjuk berdasar musyawarah. ‘Jadi, Lailatul Ijtima’ ini agenda PCNU Jombang yang dilaksanakan oleh MWC NU dalam satu kawedanan.  Jadwalnya sudah direncanakan oleh Syuriyah. Lailatul Ijitima’ yang selama ini diselenggarakan oleh MWC-MWC NU tetap saja berjalan sebagaimana biasa, bukan diganti’, kata DR. KH. Isrofil Amar menegaskan.

Pengurus MWC NU Megaluh kawedanan Jombang Kota yang sedianya ketempatan untuk pertama kalinya di bulan Desember 2012, tidak hadir dalam rapat. Sedangkan Lailatul Ijtima’ kedua di MWC Gudo bulan Desember 2012, Pengurus MWC menyatakan perlu waktu kesiapan karena mereka baru terpilih sebagai Pengurus MWC NU Gudo, 3 hari yang lalu. Untuk itu, kepastian Lailatul Ijtima’ bulan Desember 2012 akan dikomunikasikan dan dimusyawarahkan ulang oleh Sekretariat PCNU dengan MWC-MWC NU lain yang sudah dijadwal.(asri) 
Kepada Sekretariat PCNU Jombang
  • Image Verification
    captcha
    Please enter the text from the image:
    [What's This?]

Powered byEMF Forms Online
Report Abuse